Pages

Sunday, July 18, 2010

Konfigurasi Linksys WRT54GL Untuk RTRWNet

Konfigurasi Linksys WRT54GL Untuk RTRWNet

Tidak sah rasanya jika saya tidak membagi tips tentang konfigurasi linksys wrt54gl sebagai server gateway akses point di rtrwnet yang saya gunakan untuk membagi koneksi internet unlimited saya ke tetangga terdekat. Mungkin sampean semua sudah banyak yang tau kalau linkys wrt54gl ini adalah radio yang murah meriah dan cocok sebagai aplikasi rtrwnet.

Sebagai default dari linksys WRT54GL ini adalah hanya bisa digunakan sebagai client saja, akan tetapi sampean tidak usah kuwatir jika radio ini akan sampean gunakan sebagai client. Karena jika sampean upgrade firmwarenya dengan sistem DD-WRT, radio linksys ini bisa sampean gunakan tidak hanya untuk akses point saja, melainkan bisa juga digunakan client. Dan DD-WRT ini bisa anda dapatkan secara gratis tinggal download ddwrt di situsnya.

Oh ya kelebihan dd-wrt ini sangat banyak, selain bisa menjadi client bisa juga untuk menaikkan tx powernya, akan tetapi hal ini tidak saya sarankan :) , dan radio ini juga akan bisa digunakan sebagai repeater. Dari beberapa fitur kelebihan dari dd-wrt yang saya suka adalah adanya site survey dan wiviz survey, karena 2 hal ini sangat sangat membantu dan menghibur saya. Jika bete di depan internet kadang saya melihat kegunaan wiviz survey yang bisa mendetect signal wifi di atas langit sana, ndak bisa kubayangkan jika signal wifi itu bisa dilihat dg kasat mata mungkin signal wifi itu akan nampak bersliweran seperti yang nampak pada bagian wiviz.

Kembali ke topik, asumsi saya tentang tips kongfigurasi linksys WRT54GL ala saya ini adalah setelah upgrade firmwarenya menjadi DD-WRT v24 RC-6, jadi jika radio sampean masih defaultnya wrt54gl tinggal menyesuaikan saja.

1. Login ke IP dari wrt54gl, sebagai default adalah 192.168.1.1. Sedangkan user dan pass default setelah di upgrade firmwarenya adalah user root pass admin.
2. Masuk menu SETUP-BASIC SETUP :
* Connection Type : PPPoE
* Isi user name dan password acount sampean, berhubung saya makai supedi yah acount saya dr supedi, sedangkan Service Name juga sesuaikan masing2, saya maka supedi jadi saya isi speedy.
* Pada bagian Optional Settings isi data ROUTER NAME, HOST NAME, DOMAIN NAME. Sesuaikan dengan kemauan sampean sendiri. Karena ini hanya bersifat indentitas saja.
* Di bagian Network Setup-Router IP isi IP yang sampean mau, sebagai contoh krn tadi login dg ip 192.168.1.1 maka Local IP Address juga sama, terus Subnet Mask 255.255.255.0, Gateway 192.168.1.1, Local DNS 192.168.1.1
* Setelah itu masih di halaman yg sama, pada bagian Network Address Server Settings (DHCP), ini saya sarankan memakai dhcp saja, tentunya DHCP Server diset ke enable.
* Untuk DNS silakan diisi sesuai DNS inet yang sampean pakai.
* DI bagian time setting, untuk Server IP/Name diisi ntp.pool.org.
3. Masuk ke menu WIRELESS-BASIC SETTING

* Wireless Mode seting ke AP
* Wireless Network Mode: saya memakai B-Only, untuk alasannya suer ndak ngerti saya :)
* Wireless Network Name (SSID): Isikan sesuai kemauan sampean, kalau punya saya isi MEDINET, SSID ini berfungsi sbg nama akses point sampean nantinya.
* Wireless Channel: pilih antara 1-14, saya sendiri makai channel 6 :)
* Network Configuration: saya menggunakan Bridged

sampai di atas sebenarnya akses point sampean sudah bisa berfungsi, tinggal mengatur apakah mau dijadikan free hotspot atau model saweran sperti punya saya. kalau sampean tidak ingin untuk bebas di pakai oleh orang lain, dan hanya orang2 tertentu saja, saya menyarankan memakai mac filter. Caranya masuk ke menu wireless-mac filter lalu di bagian use filter centang enable dan dibagian Filter Mode centang Permit only clients listed to access the wireless network, lalu masukin mac addres user yang mau gabung dengan cara klik edit mac filter, lalu masukkan mac addresnya.

Oke semoga tips konfigurasi linksys wrt54gl sebagai server gateway akses point rtrwnet ini bisa berguna bagi sampean yang akan membagi koneksi internet dengan tetangga dekat dengan menggunakan teknologi wireless, baik dibuat saweran atau bahkan dijadikan internet gratis. Jadi mari kita koneksikan RT/RW anda dengan internet, membangun silahturahmi dan mencerdaskan kehidupan bertetangga dengan RTRW-Net. Mudah2an dengan adanya rtrwnet masyarakat akan lebih melek lagi tentang internet, siapa tau dengan adanya internet dirumah masing2 akan menggugah mereka untuk ngeblog dan berbagi informasi tentang segala hal yang mereka tau :) . Jadi ayu ngeblog lagi !!!

No comments:

Post a Comment